Industri Sepeda Motor Indonesia Terbesar Ketiga Dunia

Written By bopuluh on Senin, 02 September 2013 | 23.43


JAKARTA, KOMPAS.com - Industri kendaraan roda dua Indonesia menduduki posisi ketiga terbesar di dunia. Posisi pertama ditempati China, kemudian disusul oleh India.

"Indonesia negara ketiga penghasil sepeda motor. (Produsen terbesar) pertama adalah China dengan total produksi sekitar 23.600.000 unit. India berada di posisi kedua dengan 14.570.000 unit," ujar Ketua Bidang Komersil AISI Sigit Kumala di Jakarta, Selasa (3/9/2013).

Di kawasan Asia Tenggara, Indonesia masih merajai produksi sepeda motor di antara negara-negara anggota Federasi Otomotif ASEAN (AAF). Indonesia berada di peringkat pertama dengan jumlah produksi 7.141.586 unit pada tahun 2012. Sementara itu, Thailand berada di posisi kedua dengan jumlah produksi 2.130.067 unit.

Sigit juga mengungkapkan sampai bulan Juli 2013 terdapat peningkatan pasar domestik sebesar 8,2 persen year to date. Adapun daerah penyumbang pertumbuhan pasar antara lain pulau Jawa, Jakarta, Bangka Belitung, Yogyakarta, dan Papua.

"Sampai Juli total pasar 4,6 juta unit. Pertumbuhan 8,2 persen. Kami memprediksi tahun ini lebih baik dibandingkan tahun lalu. Pertumbuhan hanya terjadi di area Jawa, Bali, dan Papua. Di Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi ada koreksi berkaitan dengan komoditi," ungkap Sigit.

Dilihat dari sisi kategori, Sigit menjelaskan, pasar terbesar sepeda motor adalah dari jenis skuter, diikuti dengan cub atau bebek dan sport.

"Pasar terbesar pada jenis skuter, 63 persen year to date 2013. Lalu jenis cub atau bebek dengan 23,5 persen. Sisanya sport," kata Sigit.

Editor : Bambang Priyo Jatmiko


Anda sedang membaca artikel tentang

Industri Sepeda Motor Indonesia Terbesar Ketiga Dunia

Dengan url

http://seepersonality.blogspot.com/2013/09/industri-sepeda-motor-indonesia.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Industri Sepeda Motor Indonesia Terbesar Ketiga Dunia

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Industri Sepeda Motor Indonesia Terbesar Ketiga Dunia

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger