DKI Masih Punya Tugas Relokasi 6.000 KK Waduk Pluit

Written By bopuluh on Minggu, 08 September 2013 | 23.43


JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta masih memiliki tugas untuk merelokasi sebanyak 6.000 kepala keluarga (KK) bantaran Waduk Pluit, tahun depan. Wali Kota Jakarta Utara Bambang Sugiyono mengatakan relokasi warga dilaksanakan secara bertahap, seiring dengan penyelesaian pembangunan rumah susun (rusun) untuk warga.

"Tahun depan, kita akan pindahkan sebanyak 6.000 lebih warga di bantaran Waduk Pluit sisi timur atau tepatnya di kelurahan Pesanggrahan," kata Bambang di Balaikota Jakarta, Senin (9/9/2013).

Menurut Bambang, pemindahan secara bertahap ini dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo untuk menghindari tumbuhnya konflik baru. Sebab, ia tidak ingin setelah bangunan warga ditertibkan, mereka tidak memiliki tempat tinggal yang layak di Jakarta.

Oleh karena itu, DKI memberikan rusun sebagai alternatif tempat tinggal mereka. Adapun, warga yang menjadi prioritas relokasi adalah mereka yang mendirikan bangunan di atas air. Rencananya, tahun depan, sekitar 20 persen dari 6.000 KK akan direlokasi ke Rusun Muara Baru.

Sementara Jokowi menargetkan Rusun Muara Baru telah selesai pengerjaannya pada akhir tahun ini. "Jadi, awal tahun depan sekitar 20 persen warga yang tinggal di atas air akan direlokasi. Kalau enggak, nanti repot waktu melakukan pengerukan," ujar pejabat DKI yang disebut-sebut menjadi calon potensial menduduki jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) itu.

Selain merelokasi ke Rusun Muara Baru, rencananya, di samping Rusun Muara Baru akan dibangun lagi rusun sebagai relokasi warga Waduk Pluit. Pembangunan rusun itu akan didirikan di atas lahan sekitar 6,7 hektar. Kendati demikian, pembangunan rusun itu masih akan berlangsung lama dan dilaksanakan secara bertahap.

Saat ini, Pemprov DKI telah merelokasi dan menertibkan warga yang berada di sisi barat. Sisi barat itu kini telah berubah menjadi taman kota dan hijau.

Rencananya, di Waduk Pluit itu juga akan dilengkapi dengan pengolahan air limbah yang akan menjadi sumber air baku. Pengolahan air limbah itu juga berfungsi untuk mengalirkan air bersih kepada warga Rusun Muara Baru.

Editor : Ana Shofiana Syatiri

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Anda sedang membaca artikel tentang

DKI Masih Punya Tugas Relokasi 6.000 KK Waduk Pluit

Dengan url

http://seepersonality.blogspot.com/2013/09/dki-masih-punya-tugas-relokasi-6000-kk.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

DKI Masih Punya Tugas Relokasi 6.000 KK Waduk Pluit

namun jangan lupa untuk meletakkan link

DKI Masih Punya Tugas Relokasi 6.000 KK Waduk Pluit

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger