Saat Ide-ide Bisnis Mahasiswa Tumpah Ruah

Written By bopuluh on Sabtu, 19 Januari 2013 | 22.42

TANGERANG, KOMPAS.com - Jika berkunjung ke kampus Prasetiya Mulya Business School di BSD Serpong, Sabtu (19/1/2013), siapa pun bisa geleng-geleng kepala. Hampir semua stand produk bisnis para mahasiswa dalam acara Entrepreneur Day 2013 diwarnai ide-ide segar dan brilian yang selama ini dipandang sebelah mata atau bahkan terlewatkan. Tentu saja, mereka juga ingin menjadi pemenang dalam ajang ini.

Ya, Entrepreneur Day adalah ajang lomba ide dan kreativitas bisnis yang digelar setiap tahun oleh Prasetiya Mulya Business School. Tahun ini, dengan tema "Sustanation", ajang ini diharapkan tak hanya menginspirasi para remaja untuk berwirausaha tetapi juga memperhatikan alam dan lingkungan sosial.

Kita mulai dari 26 stand para mahasiswa bisnis semester 1 dalam kategori produk bisnis berbasis teknologi. Para mahasiswa yang baru masuk kuliah pada pertengahan tahun lalu ini menampilkan konsep sederhana namun memiliki potensi bisnis yang besar. Ada tiga sub-kategori produk bisnis berbasis teknologi yang ditampilkan oleh para mahasiswa baru ini, yaitu Digunakan Kembali (Re-use), Menghemat (Reduce) dan Memudahkan.

Yovita dan Luvita, salah satunya. Bersama beberapa teman, mereka menghasilkan prototipe produk yang dinamakan "Resik". Menurut mereka, Resik adalah jawaban atas masalah lingkungn yang disebabkan oleh limbah detergen.

"Jadi ini alternatif detergen yang ramah lingkungan. Ini terinspirasi dengan budaya mencuci tradisional. Dulu, orang mencuci menggunakan buah lerak. Kami lalu membuat Resik. Tetap ada busanya, tapi ramah lingkungan," ungkap Yovita

"Buah lerak ini kami datangkan langsung dari Jogja. Sesudah dihancurkan lalu dikemas dengan kain-kain perca ini," tambah Luvita.

Menurut Luvita, Resik juga aman digunakan oleh para perempuan yang kerap mengalami alergi karena detergen ketika mencuci. Mereka mengemas kantung-kantung lerak dalam keranjang rotan kecil dan dijajakan dengan harga 10 ribu.

Fodi Sinaga dan empat orang lainnya menampilkan produk yang berbeda. Mereka namakan "Tobaccoal". Dengan mengadopsi prinsip kerja exhaust fan dan penyaring udara, mereka membuat penyaring udara mini yang bisa dibawa ke mana-mana sehingga asap rokok penggunanya bisa langsung diserap. Bahkan, Tobaccoal hanya perlu disambungkan ke komputer atau laptop dan tape mobil sebagai sumber energinya hanya dengan sambungan USB.

Prototipe Tobaccoal dibuat dari kipas (fan) berukuran kecil, arang, kotak tisu plastik, dan gelas plastik dengan tutup. Prinsipnya, asap rokok akan diserap oleh exhaust fan mini dan disaring oleh arang yang ada di belakang kipas.

"Kita tahu arang kan sifatnya menetralisir. Jadi asap rokok akan dinetralisir oleh arang. Saat ini, memang udara yang dihasilkan masih berbau arang. Namun, ke depannya, kita bisa kembangkan dengan memasang pewangi di belakangnya sehingga udara yang ditimbulkan pun lebih segar," ungkap Fodi.

Ide yang cemerlang bukan?

Lebih serius

Produk-produk bisnis yang lebih serius tampak di area stand kategori produk bisnis Business Creation. Kategori ini diikuti oleh para mahasiswa semester 3 yang mengikuti mata kuliah dengan judul yang sama.

Mereka tak lagi hanya menghadirkan prototipe, tapi diminta untuk menghadirkan langsung produk bisnis mereka. Ada 25 stand yang terbagi dalam empat sub-kategori, yaitu Creative 1, Creative 2, Food and Beverage, dan Fashion.

Mischiare misalnya. Meski baru ditekuni beberapa bulan saja, namun produk bisnis mereka sudah banyak dipesan melalui pemasaran di dunia maya.

Mischiare adalah merk flat shoes yang ikut dalam ajang ini. Uniknya inovasi bisnis pada Mischiare terletak pada menyesuaikan dengan keinginan konsumen. Sepatu ini memungkinkan para penggunanya untuk mengganti-ganti aksesori sepatu sesuai dengan kondisi dan tentu saja, mood.

"Jadi, aksesori flat shoes ini bisa diganti-ganti, terserah penggunanya. Di sini kita jual juga aksesorinya macam-macam, bisa pita, bisa bentuk bunga dan sebagainya," ungkap salah satu mahasiswa lelaki yang terlibat dalam proyek Mischiare ini.

Di sub-kategori Creative II juga ada produk yang dinamakan Muses, yaitu case kamera SLR yang berbentuk seperti kameranya dengan bahan dasar kulit. Muses disebutkan sangat praktis digunakan. Para fotografer profesional diyakinkan untuk tak perlu repot-repot lagi memasukkan kamera SLR dan lensanya ke dalam tas ransel besar yang super berat.

Masih banyak ide bisnis dan produk bisnis yang cemerlang dari para mahasiswa dalam Entrepreneur 2013 ini. Para juri pun terpesona dengan produk-produk yang mampu dihasilkan oleh para mahasiswa ini.

Di kategori produk bisnis berbasis teknologi, masing-masing juara pertamanya adalah "Bioblock" (Memudahkan), "Entrocher" (Re-use) dan Step City (Menghemat). Para juara ini dipilih berdasarkan kriteria tingkat inovasi yang muncul, potensi untuk diimplementasikan dalam bisnis, orisinalitas ide, kontinuitas inovasi dan aktivitas promosi.

Bioblock adalah inovasi konblok yang menggabungkan fungsi konblok dengan fungsi biopori yang bisa mengurangi banjir. Entrocher adalah kantung dari bahan goni dan perca untuk menaruh barang-barang keperluan sehari-hari dengan menggantungnya pada alat khusus yang terbuat dari besi dan aluminium bekas. Sementara itu, Step City adalah konsep lantai berteknologi tinggi yang mampu memaksimalkan energi dari langkah kaki manusia sehingga dapat menghasilkan energi listrik yang bisa digunakan sehari-hari.

Burhan Primanintyo, dosen sejumlah mata kulian Entrepreneuship di program S-1 Prasetiya Mulya Business School juga mengaku terkesan dengan ide dan produk bisnis yang bisa dihasilkan oleh para remaja ini. Perlunya wadah untuk memicu wirausaha, paling tidak mulai dari mahasiswanya, membuat ajang ini terus dihidupkan sejak dimulai pada tahun 2006.

"Pertama, memperkenalkan karya mahasiswa kepada yang lain. Yang lebih penting ini adalah hasil pembelajaran dari satu semester. Hasilnya adalah pameran. Kita ingin mahasiswa terus berkreasi dalam menemukan dan mengembangkan bisnis mereka," katanya.

Tak hanya para mahasiswa Prasetiya Mulya, senior dan junior, yang hadir dalam acara ini. Para orangtua siswa dan masyarakat umum juga hadir dan memuji karya para mahasiswa ini.

"Ide-idenya brilian untuk ukuran mahasiwa," ungkap salah satu ibu yang datang di ajang ini.

Editor :

Caroline Damanik


Anda sedang membaca artikel tentang

Saat Ide-ide Bisnis Mahasiswa Tumpah Ruah

Dengan url

http://seepersonality.blogspot.com/2013/01/saat-ide-ide-bisnis-mahasiswa-tumpah.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Saat Ide-ide Bisnis Mahasiswa Tumpah Ruah

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Saat Ide-ide Bisnis Mahasiswa Tumpah Ruah

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger