Obama Resmi Ajukan John Kerry sebagai Menlu AS

Written By bopuluh on Jumat, 21 Desember 2012 | 22.42

WASHINGTON, KOMPAS.com - Presiden AS Barack Obama secara resmi mengajukan Senator John Kerry untuk menggantikan Hillary Clinton sebagai menteri luar negeri.

Obama mengatakan ''sepanjang hidupnya'' Kerry telah bersiap untuk menjabat Menlu, dan memujinya karena ''penghormatan dan kepercayaan'' yang didapatnya dari para pemimpin dunia.

Kerry pernah ikut dalam pencalonan presiden Partai Demokrat di tahun 2004 dan saat ini menjabat ketua Komite Senat Hubungan Luar Negeri.

Pencalonan dirinya mengemuka setelah duta besar AS untuk PBB , Susan Rice, mundur dari bursa calon karena mendapat tekanan kritik dari Republik dalam isu serangan mematikan konsulat AS di Benghazi, Libya, September lalu.

Berbicara di Gedung Putih, Obama mengatakan Kerry memahami kebutuhan untuk ''menjaga semua elemen kekuatan Amerika'', dan mengatakan senator veteran ini ''tidak membutuhkan banyak pelatihan.''  Presiden AS menambahkan bahwa dia yakin Kerry akan mendapat persetujuan dari Senat.

Senator berpengaruh

Hillary Clinton, yang masih menderita sakit akibat virus perut dan gegar otak setelah jatuh pingsan karena kekurangan cairan tubuh, tidak hadir dalam pengumuman ini. Tetapi dalam sebuah pernyataan, Nyonya Clinton mengatakan bahwa Kerry adalah ''pilihan yang bagus'' untuk memimpin departemen luar negeri. "Dia akan mampu menjaga dan memperluas kepemimpinan global Amerika,'' katanya.

Kerry, 69 tahun, menjadi menteri baru Obama setelah terpilih kembali sebagai presiden periode kedua November silam.  Presiden Obama juga akan mengumumkan seorang menteri pertahanan yang baru menggantikan Leon Panetta, dan direktur CIA yang baru pengganti David Petraeus, yang berhenti bulan lalu akibat skandal perselingkuhan.

Kerry, seorang veteran perang Vietnam, kalah dalam pemilihan presiden dari George W Bush pada tahun 2004 dan selalu menjadi calon kuat untuk mengisi kursi menteri luar negeri di tahun 2008, sebelum Hillary Clinton ditunjuk.

Kerry dikenal sebagai senator berpengaruh yang sangat paham dengan diplomasi dan masalah dunia. Dia selama ini juga dianggap sebagai utusan tak resmi Obama dalam sejumlah kegiatan, dari Pakistan hingga Afganistan.

Sejumlah pengamat mengatakan pencalonan Kerry sepertinya tidak akan menghadapi tentangan dari oposisi Republik. Dan jika resmi menjabat sebagai menteri luar negeri, maka Kerry akan menghadapi masalah yang tengah berlangsung di Suriah dan isu nuklir Iran yang terus berlanjut.

Editor :

Egidius Patnistik


Anda sedang membaca artikel tentang

Obama Resmi Ajukan John Kerry sebagai Menlu AS

Dengan url

http://seepersonality.blogspot.com/2012/12/obama-resmi-ajukan-john-kerry-sebagai.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Obama Resmi Ajukan John Kerry sebagai Menlu AS

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Obama Resmi Ajukan John Kerry sebagai Menlu AS

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger