Di Asia, Indonesia Setingkat dengan Filipina

Written By bopuluh on Senin, 12 November 2012 | 22.42

KOMPAS.com - Indonesia dan Filipina masih harus banyak membenahi diri menyambut peningkatan jumlah penduduk usia tua di Asia. Kategori penduduk usia tua adalah mereka yang memasuki usia pensiun. "Di Asia, seperti juga di Indonesia, usia pensiun mulai pada 55 tahun," kata Presiden Direktur Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) Legowo Kusumonegoro pada Selasa (13/11/2012).

Uang pensiun, saat ini, mesti ditempatkan pada instrumen yang menghasilkan keuntungan lebih tinggi.

Legowo mengemukakan hal itu dalam diskusi terkait riset pihaknya terkait upaya-upaya pengelolaan dana di masa pensiun. Dalam kesempatan itu, hadir pula President of Asia at Manulife Asset Management Michael Dommermuth dan Ekonom Manulife Asset Management Oscar Gonzalez. Riset itu sendiri dipublikasikan pada Juni 2012.

Dalam hubungannya dengan kesiapan menghadapi hari tua, Indonesia, Korea Selatan, dan Filipina berada dalam kondisi yang penuh tantangan. Pasalnya, masih ditemukan relatif rendahnya tingkat kekayaan finansial dan kekayaan bersih hari tua, terbatasnya jumlah tunjangan pensiun yang diwajibkan pemerintah, relatif rendahnya rasio simpanan terhadap produk domestik bruto (PDB), serta besarnya peningkatan jumlah penduduk yang membutuhkan pendanaan pensiun.

Sementara, itu satu level di atas ketiga negara tersebut berkategori menguntungkan. Di dalam kelompok itu ada tiga negara yakni Singapura, China, dan Malaysia.

Kemudian, di level tertinggi adalah kategori sangat menguntungkan. Sama, ada tiga negara yang termasuk dalam klasifikasi tersebut yaitu Taiwan, Hong Kong, dan Jepang.

Secara nyata kemudian, investasi untuk jaminan hari tua, menurut penjelasan Legowo, tidak boleh berhenti pada tabungan. "Uang pensiun, saat ini, mesti ditempatkan pada instrumen yang menghasilkan keuntungan lebih tinggi," demikian Legowo Kusumonegoro. 


Anda sedang membaca artikel tentang

Di Asia, Indonesia Setingkat dengan Filipina

Dengan url

http://seepersonality.blogspot.com/2012/11/di-asia-indonesia-setingkat-dengan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Di Asia, Indonesia Setingkat dengan Filipina

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Di Asia, Indonesia Setingkat dengan Filipina

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger